Press "Enter" to skip to content

Fitting

Last updated on Januari 3, 2019

Fitting ABD adalah penyesuaian antara diagram dalam alat bantu dengar digital dengan hasil tes pendengaran yang dimiliki. Fitting ABD dilakukan oleh dokter audiologi dan/atau hearing acoustician di rumah sakit dan/atau hearing center.

Pendekatan fitting ABD bagi anak-anak yang baru diketahui mengalami gangguan pendengaran berbeda dengan fitting ABD bagi orang dewasa yang mengalami penurunan pendengaran. Anak-anak belum dapat berbicara dan mengungkapkan sesuatu. 

Pada pasien anak, semakin lengkap data hasil tes pendengaran, maka hasil fitting ABD akan semakin objektif (tidak diliputi keraguan). Keyakinan pada objektivitas sangat penting Hasil tes pendengaran meliputi (1) OAE, (2) ABR atau BERA, (3) ASSR, dan (4) FFT per tiga bulan.

Contoh proses fitting ABD digital dapat disimak pada video berikut.

Setiap kali fitting ABD dilakukan, maka pengguna ABD membutuhkan waktu untuk merasa nyaman dengan suara yang baru.

  • ABD terasa tidak nyaman. Beberapa orang merasakan bahwa menggunakan ABD terasa tidak nyaman pada permulaan pemakaian. Tanyakan kepada audiolog, berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga penggunanya terbiasa.
  • Suara yang terlalu keras. Sensasi terlalu keras ini dinamakan efek oklusi. Suara keras terasa berada di dalam kepala. Hal ini sangat umum terjadi pada pengguna ABD baru. Mintalah kepada audiolog apabila masih bisa dilakukan penyesuaian. Kebanyakan orang akan terbiasa seiring berjalannya waktu.
  • Ada feedback dari ABD. Suara melengking dapat diakibatkan karena earmold ABD sudah tidak pas lagi dengan liang telinga. Dapat pula dikarenakan adanya kotoran telinga dan cairan telinga. Coba tanyakan kepada audiolog mengenai hal ini.
  • Ada noise dalam suara ABD. ABD tidak dapat memisahkan suara yang masuk secara sempurna dari orang yang ingin didengar dengan bising (noise). Terkadang, ABD butuh disesuaikan lagi. Coba tanya audiolog tentang ini.
  • Terdengar suara buzzing ketika menggunakan telepon. Beberapa orang yang menggunakan ABD atau implan koklea mengalami masalah dengan intervensi frekuensi radio dari telepon seluler. Perkembangan teknologi terbaru meminimalisir kejadian seperti ini. Jadi, ketika anda membeli ABD baru, dekatkan telepon seluler ke telinga untuk melihat apakah terjadi buzzing dengan ABD tersebut.

Sumber:

www.nidcd.nih.gov

Sumber Video :

www.youtu.be/EyeIUW-WrJ0