Press "Enter" to skip to content

Audiolog

Last updated on Maret 29, 2019

Doktor Audiologi adalah seseorang yang ahli dalam bidang pendengaran dan memiliki kemampuan untuk mengevaluasi, mendiagnosis, memilih dan memperhatikan alat bantu dengar melalui pendidikan khusus pada bidang audiologi.

Fakta Doktor Audiologi Di Amerika

Perkembangan keilmuan audiologi mulai berkembang sejak tahun 1960-an ketika prasyarat menjadi audiolog harus memiliki gelar Master atau S2. Perkembangan selanjutnya, seorang dengan gelar Master pun harus melalui program Doktor untuk menjadi seseorang yang boleh berkecimpung dalam bidang audiologi. Sejak tahun 2007, program AuD (Doctor of Audiology) menjadi standar baru bagi seseorang untuk dapat praktek secara klinis dalam bidang audiologi di Amerika.

Siapa Doktor Audiologi Itu?

  • Gelar AuD menunjukkan bahwa seseorang tersebut merupakan profesional dalam disiplin audiologi.
  • Gelar AuD bisa didapatkan melalui pendidikan selama empat tahun di luar gelar sarjana.
  • Terdapat prasyarat yang harus dilalui dengan sarjana terlebih dahulu sebelum dapat menempuh pendidikan Doktor ini.
  • Seseorang yang sudah melaui pendidikan doktor dapat menjalankan klinik secara mandiri untuk dapat menilai dan merawat kemampuan auditori dan vestibular seseorang, dan berhak mendapatkan imbalan dari pihak ketiga (pasien).
  • Seseorang yang menyelesaikan program Doktor dipersiapkan untuk menjadi pemimpin lapangan yang kompetan dengan profesi Doktor lain nya yang terlibat dalam kesehatan pendengaran.
  • Seseorang yang menyelesaikan program Doktor ini akan menjadi konsumen paling penting dalam hasil penelitian dan bahkan dapat memilih untuk berpartisipasi dana penelitian klinis termasuk mengevaluasi kemanjuran strategi diagnosis dan strategi perawatan pasien.
  • Seseorang yang tertarik untuk menjalankan program penelitian independen dan mengajar di tingkat universitas harus memiliki gelar PhD (Doctor of Philosophy), dimana orang tersebut telah dianggap pada taraf seorang peneliti. Sangat penting untuk memiliki kualifikasi PhD, sebagai orang yang menciptakan basis ilmiah dari sebuah profesi.

Jika Ayah dan Bunda bertanya kepada kami sosok representasi audiolog, maka sebaiknya menonton salah satu video youtube dari situs Hearing Tracker bersama Dr. Cliff, AuD mengenai “Bagaimana¬† memilih alat bantu dengar terbaik?”.

Sumber:
www.audiology.org
www.salamadian.com