Press "Enter" to skip to content

Berapa Biaya Implan Koklea Di Indonesia?

Last updated on Agustus 19, 2019

Implan koklea memang tidak murah. Operasi implan koklea pada anak menuntut orangtua untuk mempersiapkan sejumlah dana untuk pembiayaan pembelian alat, tindakan operasi, dan proses pasca operasi (mapping implan koklea).

Berapa Biaya Implan Koklea Di Indonesia

Biaya implan koklea di Indonesia berkisar antara 150-500 juta rupiah pertelinga.

Mengapa rentang harga implan koklea sangat besar?

Rentang harga implan koklea begitu besar karena komponen berikut: (1) jenis internal implan koklea yang digunakan, (2) jenis prosesor suara (sound processor) yang dipilih, (3) lokasi rumah sakit yang akan digunakan sebagai tempat operasi implan koklea, (4) biaya akomodasi yang akan timbul dari jauhnya lokasi tempat tinggal dengan rumah sakit ketika pra-operasi implan koklea. (5) biaya akomodasi yang timbul dari jauhnya lokasi penyedia implan koklea (hearing center) ketika pasca operasi implan koklea.

Mengapa internal implan koklea memiliki variasi harga?

Setiap perusahaan penyedia cochlear implant memiliki beberapa pilihan jenis internal implan koklea. Faktor yang mempengaruhi harga internal implan adalah (1) kemutakhiran penelitian, (2) ketipisan ukuran, (3) kemudahan dalam pemasangan.

Implan koklea sebagai perusahaan kesehatan memerlukan investasi terhadap penelitian implan koklea. Semua perusahaan implan koklea berusaha untuk menjawab kebutuhan pengguna yang umumnya menginginkan implan internal yang memiliki transfer suara yang cepat, baik dan stabil; ukuran internal yang tipis sehingga tidak memberikan lebih banyak tekanan pada kulit kepala; kabel silicon yang lentur untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan koklea fisiknya.

Walau demikian, setiap perusahaan implan koklea menjanjikan bahwa produk terbaru (prosesor suara) akan selalu mampu terhubung dengan implan koklea bagian dalam (internal). Untuk lebih detail, Ayah dan Bunda dapat melakukan komparasi terhadap tiga brand implan koklea untuk menjawab pertanyaan ini.

Mengapa Prosesor Suara memiliki variasi harga?

Prosesor suara (sound processor) juga memiliki variasi harga antara produk feature dengan produk premium. Setiap brand implan koklea akan membuat seri baru prosesor suara yang menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan prosesor suara yang (1) lebih kecil atau tipis atau tak terlihat (discreet), (2)memiliki kemampuan transfer suara yang lebih cepat dan jernih, (3) menggunakan konsumsi energi baterai yang rendah, (4) mudah dihubungkan dengan peralatan elektronik lain nya.

Setiap perusahaan implan koklea memiliki produk feature yang fokus pada tujuan implan koklea sendiri, yakni pengguna mendapatkan kualitas suara yang lebih baik daripada alat bantu dengar. Jika kualitas suara yang dimaksud ialah seorang pengguna implan koklea dapat mendengar suara yang lembut (25 dB) di ruang yang cukup sunyi, maka produk feature sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nya.

Memilih lokasi rumah sakit untuk penanganan implan koklea

Menentukan lokasi rumah sakit untuk operasi akan berpengaruh pada biaya pemasangan implan koklea secara keseluruhan. Faktor yang dapat kami simpulkan ialah: (1) kebijakan rumah sakit, (2) kebutuhan supervisi dari dokter bedah implan koklea senior.

Kebijakan rumah sakit akan berpengaruh pada biaya operasi implan koklea. Beberapa rumah sakit mensyaratkan tindakan medis pendahuluan (pra-operasi implan koklea) yang lebih banyak daripada yang lain. Hal ini tentu merupakan faktor biaya yang harus disiapkan orangtua ketika masing-masing biaya tersebut dilakukan secara terpisah dan mandiri (biaya sendiri). Beruntung nya, bagi keluarga peserta JKN, biaya operasi implan koklea sebagian ditanggung oleh BPJS. Setidaknya dapat mengurangi biaya yang dikeluarga oleh keluarga. Pada beberapa rumah sakit di daerah, seorang dokter bedah telinga masih membutuhkan supervisi dari dokter bedah spesialis cochlear implant. Oleh sebab itu, terdapat pembiayaan khusus untuk mendatangkan beliau. Hearing center sebagai penyedia implan koklea dapat menjawab pertanyaan ini lebih spesifik.

Lokasi Hearing Center untuk mapping implan koklea pasca operasi

Hearing Center yang jauh dari tempat domisili juga akan menambah biaya operasi implan koklea secara keseluruhan. Terkadang orangtua mengesampingkan faktor lokasi hearing center karena memiliki preferensi (kecenderungan pada merk) tertentu. Perlu diketahui bahwa mapping akan dilakukan pertama kali ketika implan koklea pertama kali dinyalakan (switch-on), kemudian mapping kedua, ketiga dan seterusnya akan berjarak waktu lebih lama daripada sebelum nya, kecuali ada kebutuhan khusus.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya

Tinggalkan Balasan