Press "Enter" to skip to content

Pertanyaan Orangtua Tentang Implan Koklea Pada Anak

Last updated on Juni 21, 2019

Pertanyaan orangtua tentang implan koklea pada anak disusun dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kami. Kami akan berusaha untuk melengkapi tanya-jawab ini di kemudian hari, terlebih pada pertanyaan yang cukup rumit penjabarannya.

Apa itu implan koklea ?

Implan koklea adalah perangkat elektronik yang dipasang untuk menghubungkan prosesor luar ke dalam rumah siput sehingga seorang yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu dapat mendapatkan sensasi mendengar.

Apa implan koklea menormalkan pendengaran ?

Implan koklea tidak dapat menormalkan pendengaran seseorang sama persis seperti pendengaran normal. Implan koklea juga tidak dapat memberikan pendengaran kepada anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran atau tunarungu menjadi seperti pendengaran anak normal.

Apa indikasi seseorang membutuhkan implan koklea ?

Implan koklea merupakan alternatif bagi seorang dewasa atau anak yang tidak mendapatkan manfaat dari penggunaan alat bantu dengar. Manfaat utama dari penggunaan alat bantu dengar adalah orang yang memiliki gangguan pendengaran dapat memahami perkataan orang yang sedang bercakap-cakap tanpa mengalami kesalahan penerimaan kata.

Apakah implan koklea masih menggunakan peralatan elektronik ?

Banyak orang memiliki anggapan yang salah bahwa operasi implan koklea akan memperbaiki rumah siput yang rusak sehingga pendengaran kembali menjadi normal, tanpa peralatan tambahan. Implan koklea memang peralatan elektronik yang digunakan pada tubuh manusia, atau istilahnya biomedical engineering. Sebagai biomedical engineering, implan koklea memiliki empat bagian utama, yaitu: (1) mikrofon, (2) processor luar, (3) transmitter dan reciever, (4) electrodes.

Bagaimana cara kerja implan koklea ?
Baca juga :  Pertanyaan Orangtua tentang Gangguan Pendengaran pada Anak

Bunyi dan suara wicara yang ada di sekitar masuk ke dalam mikrofon yang terdapat pada processor luar. Setelah diproses secara digital, sinyal-sinyal suara ini dikirimkan ke transmitter dalam bentuk sinyal elektrik. Reciever yang berada di bawah kulit kepala menerima sinyal elektrik tersebut kemudian meneruskannya ke elektroda-elektroda yang berada di dalam rumah siput. Rumah siput akan menerima sinyal-sinyal listrik ini kemudian meneruskannya ke otak dan diinterpretasi sebagai bunyi dan suara wicara.

Apa perbedaan implan koklea dengan alat bantu dengar ?

Implan koklea memiliki kelebihan pada kemampuan nya menerima suara halus sekitar 20 desibel. Alat bantu dengar, pada anak dengan gangguan pendengaran berat hingga profound, umumnya mampu melakukan amplifikasi hingga mencapai 35 desibel. Hal ini membuat pengguna implan koklea memiliki kekayaan prosodi dibandingkan anak yang menggunakan ABD. Kemampuan menerima ujaran dengan frekuensi tinggi hingga rendah umumnya dapat ditangkap melalui implan koklea.

Apa kekurangan dan kelebihan implan koklea ?

Kekurangan Implan koklea, pendapat kami:

1. Pengguna mengalami ketergantungan pada sebuah merk. Jika seseorang sudah memutuskan untuk implan koklea pada merk tertentu, maka pengguna hanya akan mendapatkan pelayanan pada merk tersebut. Mulai dari mapping, troubleshooting, garansi, terapi auditory-verbal, dan upgrade.

2. Implan koklea sebagai barang elektronik memiliki masa guna (life cycle) sehingga pengguna harus selalu mempersiapkan dana cadangan khusus untuk pendengaran.

Kelebihan implan koklea, pendapat kami:

1. Penerimaan suara yang lebih jelas daripada alat bantu dengar.

2. Adanya harapan dari orangtua kepada anak bahwa dengan mendengar lebih baik kemudian mampu berbicara dengan baik, maka si anak mendapatkan kualitas kehidupan (quality of life) yang lebih baik.

3. Kualitas kehidupan yang dimaksud ialah: kemudahan berkomunikasi verbal dengan oranglain, kemudahan menerima informasi akademik (membaca, berhitung, menalar, mengimajenasi).

Baca juga :  Membiasakan Anak Menggunakan Alat Bantu Dengar
Apa saja merk implan koklea di Indonesia

Merk implan koklea di seluruh dunia ada banyak lho, tapi tiga terbesar di dunia dan ketiga nya ada di Indonesia ialah :
(1) Advanced Bionics yang didistribusikan oleh Nobel Audiology
(2) Cochlear yang didistribusikan oleh Kasoem Hearing Centre
(3) Med-El yang didistribukan oleh Med-El Indonesia.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya

Tinggalkan Balasan