Press "Enter" to skip to content

Tes Artikulasi Menggunakan Flashcard

Last updated on September 23, 2019

Website Mommy Speech Therapy bagi kami merupakan sumber informasi yang sangat berharga. Selama kami menjelajahi internet, hanya website ini yang secara komprehensif mampu menerangkan secara sederhana serangkaian tes artikulasi berserta contoh kreasinya. Kreasi Bunda Heidi Hanks, M.S. CCC-SLP tersebut cocok ketika diterapkan kepada anak-anak yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sayangnya, bagi anak-anak yang Berbahasa Indonesia, materi nya tidak pas. Misalnya, kata berawalan B (Buka) pada bahasa Indonesia menjadi berawalan O (Open) pada bahasa Inggris. Jadi, yuk kita buat sendiri saja untuk penuhi kebutuhan tes artikulasi menggunakan flashcard.

Membuat Flashcard

Flashcard sebagai media tes artikulasi dapat dibuat sendiri menggunakan program gratis Picto Selector. Program ini menggunakan data dari banyak pihak yang menginginkan media pendidikan gratis bagi semua orang. Bagi yang familier dengan komputer atau laptop, menggunakan Picto Selector kami pikir cukup mudah, kok. Untuk daftar kosakata nya, bisa lihat buku di kamus atau kamus online, atau bisa juga menggunakan daftar kosakata yang kami gunakan dan dibahas dalam tulisan sebelumnya. Jika Ayah dan Bunda ingin tahu flashcard seperti apa yang telah kami buat, bisa unduh hasil jadinya di bawah ini. Flashcard ini dibuat ketika ada PR dari Terapis AVT kepada kami untuk dapat mengajak Alkha memperbanyak mengucapkan huruf yang sedang menjadi target. Jadi masih banyak huruf yang kosong yang belum sempat kami buat materi nya.

tes artikulasi menggunakan flashcard
Flashcard B – Depan

Contoh Materi Tes Artikulasi

P depanP tengahP belakang

Baca juga :  Cara Mengajari Anak Mengenal Angka

B depanB tengahB belakang

M depanM tengahM belakang

H depanH tengahH belakang

W depanW tengah

D depan D tengah

N depan

Y depan

K depanK tengahK belakang

G depanG tengah

T depanT tengahT belakang

NG depanNG tengahNG belakang

Belum dibuat: F, V, CH, J, L, R, S, Z

Cara Tes Artikulasi Menggunakan Flashcard

Kami sendiri menggunakan materi ini dalam bentuk lembaran kertas (tidak memotong nya). Karena kebanyakan materi ini sedikit banyak sudah dipahami Alkha melalui flashcard dari membeli. Bagi Ayah dan Bunda yang belum pernah menggunakan kartu baca, kami sarankan materi ini dipotong dan dijadikan flashcard sebagai media AVT di rumah. Tetapi bagi anak yang sudah cukup terlatih menggunakan flashcard, bisa digunakan sebagai materi tes artikulasi sesuai tujuan tulisan ini. Misalnya, “Ini apa? Sedang apa?”.

Baca juga :  Menyertakan Teman Sebaya Ketika AVT Di Rumah

Flashcard untuk tes artikulasi ini bukan pengganti materi AVT, sebaiknya Ayah dan Bunda tetap melakukan beberapa belas kali sesi AVT bersama Terapis AVT untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai teknik-teknik AVT, cara terapi AVT di rumah dan informasi mengenai tahapan mendengar dan berbicara anak yang mengalami gangguan pendengaran yang sudah menggunakan alat bantu dengar dan-atau implan koklea.

Sumber Inspirasi:
http://mommyspeechtherapy.com/?page_id=55
Sesi Terapi di Aurica
Sesi Terapi di Kasoem Surabaya

Sumber Program Komputer
https://www.pictoselector.eu/

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
  1. bermanfaat banget ini papa Alkha, makasih banyak ya. ditunggu untuk huruf-huruf yang lainnya.

    • Syarif Syarif

      Siap, menyusul….

Tinggalkan Balasan