Press "Enter" to skip to content

Belajar Menggerakkan Mouse Komputer

Last updated on Februari 2, 2019

Laptop atau komputer memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan smartphone. Kelebihan nya ada pada kelemahannya, yakni besar dan berat. Ukuran yang besar dan berat menyebabkan laptop atau komputer tidak dapat dipindahkan secara fleksibel, dan memainkan nya pun harus menggunakan mouse atau tetikus. Anak yang dikenalkan dengan komputer akan berlatih untuk :

  1. Belajar menggerakkan mouse komputer
  2. Duduk dengan tegak
  3. Melihat layar dengan batas jarak tertentu.

Kapan Mengenalkan Permainan Komputer?

Walaupun tidak terdapat batasan tertentu, tapi berdasarkan abcya.com, permainan yang mereka desain dapat dimainkan oleh anak PAUD. Pada usia 4 tahun, anak berada pada fase pre-operasional berdasarkan Piaget. Pada tahap tersebut, anak sudah memahami simbol-simbol dan gesture. Mereka mampu memikirkan fantasi dan membuat intuisi. Permainan ini berisi pembelajaran angka, huruf, kesamaan benda, pola, dan urutan yang pada umumnya dikuasai anak pada tahap pra-operasional.

Memilih Mouse Komputer Untuk Belajar

Mouse yang baik memiliki konsistensi dalam gerakan (kualitas sensor inframerah) dan konsistensi pada tombol kanan-kiri. Merk mouse yang menurut saya sudah cukup baik untuk dua buah kriteria tersebut adalah Logitech. Harganya pada tahun 2018 sekitar 70ribu rupiah. Mouse ini berwarna hitam dengan kabel yang besar dan panjang. Panjangnya standar untuk komputer, walaupun bila digunakan untuk laptop akan menyisakan kabel yang terlalu panjang. Ayah dan Bunda dapat juga pilih mouse Logitech yang nir-kabel atau tanpa kabel, yang menggunakan sinyal bluetooth. Jenis mouse nir-kabel ini tidak mengurangi konsistensi sehingga kenyamanan tetap terjaga. Mouse merk ini saya gunakan dulu selama belajar pemetaan, dimana konsistensi mouse sangat dibutuhkan agar gerakan kursor dan tombol kanan-kiri ini tidak terlampau sensitif dan terasa ujung jari terasa menekan ketika tombol ditekan.

Baca juga :  Belajar Dari Ultraman Geed

Belajar Mengerakkan Mouse Komputer

belajar menggerakkan mouse komputer
Sumber Gambar: www.abcmouse.com

Agar anak mudah menggerakkan mouse komputer, Ayah dan Bunda dapat mengakses situs online www.abcmouse.com/email/mouse-and-pointer. Situs online ini akan mengajarkan bagaimana anak menggerakkan kursor (tanda panah) di layar komputer dengan menggerakkan mouse yang dipegang tangan kanan nya (atau kiri). Karena ini tahap belajar, tentu membiasakan keterampilan ini membutuhkan waktu. Jadi kita dapat dampingi anak-anak untuk menggerakkan mouse sesuai petunjuk di dalam situs tersebut. Petunjuk situs tersebut dalam bahasa Inggris, jadi diharapkan Ayah dan Bunda cukup memahami beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris, karena tidak sulit juga kok. Nah, jika dijabarkan, maka tahapan nya ialah sebagai berikut:

  1. Menggerakkan mouse dari kanan ke kiri dan sebaliknya dengan membagi layar tampilan menjadi dua bagian.
  2. Menggerakkan pointer mouse ke objek di dalam layar yang muncul satu demi satu.
  3. Belajar menekan tombol kiri sebanyak-banyaknya untuk melatih jari telunjuk (pengguna tangan kanan).
  4. Meng-klik objek yang muncul di layar
  5. Memecahkan gelembung yang muncul di layar dengan klik.
  6. Pengenalan click and drag (tekan tahan geser).
  7. Belajar click and drag pada beberapa objek yang muncul di layar.
Baca juga :  Selamat Hari Pendengaran Sedunia 2019

Kelebihan Menggerakkan Mouse

Mengenalkan laptop atau komputer sama halnya seperti mengenalkan smartphone. Secukupnya. Jika anak sangat marah berkepanjangan ketika dihentikan aktivitasnya dari bermain smartphone dan komputer, maka dapat disimpulkan bahwa anak sedang menuju kecanduan yang lebih besar lagi. Bermain komputer atau laptop dapat menjadi sarana negosiasi bagi anak setelah terapi AVT di rumah.

Melatih anak menggunakan mouse, maka secara tidak langsung akan melatih fungsi koordinasi tangan dan mata, melatih kesabaran, dan memecahkan masalah. Ujung jari, telapak tangan, dan sendi-putar tangan akan mendapatkan rangsangan taktil yang berbeda dengan permainan lainnya. Selama permainan yang diajarkan “bertujuan”, maka selama itu pula permainan itu dianggap bagian dari kegiatan belajar.

Beberapa Situs Permainan Anak Sederhana

Beberapa situs permainan anak yang dapat diakses secara gratis ialah:

Beberapa Situs Yang Dapat Digunakan:
www.abcmouse.com
www.abcya.com
www.fisher-price.com
www.internet4classrooms.com
www.ziggityzoom.com

Situs di atas cocok digunakan untuk anak pra-TK hingga kelas 5 SD. Tiap permainan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga dapat disesuikan dengan usia anak.

Selamat mencoba!

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya

Tinggalkan Balasan