Press "Enter" to skip to content

Meningkatkan Kosakata Anak Dengan Masak Bersama

Last updated on Oktober 16, 2019

Meningkatkan kualitas kosakata anak dapat dilakukan dengan dengan berbagai cara. Dan kegiatan tersebut akan semakin mengasyikkan jika digabungkan dengan kegiatan yang disenangi orangtua nya. Salah satu cara yang Mama Alka paling suka ialah memasak bersama anak. Bisa memasak nugget, telur dadar, orak-arik dan lain-lain. Kali ini, Mama Alkha ingin berbagi resep kue gulung sederhana untuk meningkatkan kosakata anak dengan masak bersama.

Mengembangkan Kualitas Kosakata Anak

Harus diakui bahwa menambah kosakata anak dengan gangguan pendengaran pada awal kali belajar terapi auditory verbal merupakan kegiatan yang melelahkan dan seolah-olah tidak terlihat hasil nya. Nah, kami cukup sering menyarankan kepada orangtua untuk menulis, mendaftar, dan menghitung kosakata sehingga sedikit demi sedikit akan terlihat kemajuan si anak. Bagi anak-anak yang sudah mau diajak berkomunikasi sederhana seperti Alka (saat ini sudah menjalani terapi AVT rutin 2,5 tahun), maka yang dapat kami lakukan ialah mengembangkan kosakata yang sudah dia miliki.

Jika kita belajar bahasa, ada yang disebut kata umum dan kata khusus. Kata umum dapat bermakna luas, sedangkan kata khusus bermakna sempit. Contoh kata umum ialah Memasak, kata khusus nya ialah menggoreng (nugget), merebus (air), menanak (nasi), membumbui (sayuran), menguleg (sambal), mengulen (adonan padat), memblender (buah), memixer (adonan cair) merupakan kata-kata khusus nya. Kualitas kosakata tidak dapat serta merta dapat dipahami anak jika orangtua tidak dengan sengaja mengajarinya dalam beberapa kesempatan. Jika Papa Alka senang mengembangkan kualitas kosakata pada hal-hal yang kelaki-lakian, misalnya mobil, peralatan tukang; maka Mama Alka lebih menyukai untuk meningkatkan kosakata anak dengan masak bersama.

Baca juga :  Belajar Konsep Warna Bagi Anak dengan Gangguan Dengar

Memasak Kue Gulung Bersama Anak

Memasak merupakan kegiatan yang dulu sangat disenangi Mama Alkha sebelum fokus kepada terapi AVT. Saat ini, Mama Alkha sedang tertarik dengan menu diet keto yang sehat, enak, dan murah; sedangkan Alkha yang berada pada usia intuitif (4 tahun ke atas) sangat senang untuk mengeksplorasi banyak benda mekanis, termasuk peralatan yang ada di dapur. Dua hal ini ketika dikombinasikan akan menjadi kegiatan AVT yang menyenangkan. Banyak resep sederhana yang bisa dilakukan bersama anak. Jika Papa Alkha baru bisa mengajarkan resep memasak mie rebus (haha); maka Mama Alka memilih memasak kue gulung bersama anak.

Kali ini, kue gulung yang akan dibuat membutuhkan peralatan dan bahan berupa:

Alat Memasak:
1 buah Cooper Merk Mitochiba
1 buah loyang
2 lembar kertas roti
2 buah sendok
1 parutan keju

Bahan Masakan:
Cream cheese merk Arla
Keju merk apa saja
Gula Diabetasol
Nutrigel Coklat
Dark Coklat Bubuk Merk Java

Meningkatkan Kosakata Anak Dengan Masak Bersama

Meningkatkan Kosakata Anak Dengan Masak Bersama

Kosakata apa yang bisa kita gunakan pada kegiatan memasak bersama anak? Beragam kata benda yang sebagian jarang diucapkan sehari-hari, misalnya cooper / blender / mixer, loyang, oven listrik, adonan, keju, nutrijel, coklat, gula. Kata kerja seperti berputar, tekan, aduk-aduk, coba, buka, campur, tambahkan, angkat, masukkan, diparut, awas, hati-hati. Kata sifat seperti berisik, rata, halus (tekstur), enak, encer, panas. Preposisi seperti di atas, di bawah, ke dalam. Dan masih banyak lagi kosakata bahasa reseptif yang bisa didengar anak selama proses memasak kue gulung ini berlangsung.

Baca juga :  Belajar Membedakan Benda Berukuran Besar dan Kecil

Tips AVT Mama Alkha

Sadar, Sabar dan Senang

Memasak bersama anak harus dilakukan dengan penuh kesadaran, kesabaran dan kesenangan. Sadar bahwa anak-anak dengan gangguan pendengaran masih memiliki keterbatasan kosakata. Selain itu, kita harus sabar ketika ada sesuatu yang tertumpah dan tercecer. Karena bisa jadi anak masih belum mampu mengendalikan otot-otot dengan sempurna. Beberapa di antara mereka masih kesulitan menggambar coretan melingkar, kesulitan menggunting, kesulitan menjepit benda kecil. Orangtua juga harus belajar senang ketika mengajari anak, terutama bagi ibu-ibu muda yang masih ingin pacaran setelah menikah. Oleh karena itu, kita siasati dengan membuat kegiatan sesuai hobi yang disukai.

Gunakan Paralel Talk

Kegiatan memasak mudah dipahami anak karena mereka belajar secara visual dan taktil. Mereka melihat sesuatu dan mengerjakan sesuatu dengan didampingi seorang Mama tak lelah memberi tahu kegiatan yang sedang dia kerjakan. Hal ini adalah salah satu strategi AVT paling populer yakni Paralel Talk.

Berikan Afeksi

Berikan penghargaan kepada anak karena telah membantu orangtua memasak. Hal ini akan semakin meningkatkan kepercayaan diri mereka. Pada akhirnya, kegiatan AVT menjadi lebih mudah karena anak mendapatkan timbal balik atas perbuatan baik yang sudah dilakukan.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: