Press "Enter" to skip to content

Daftar 1000 Kata Untuk Mengukur Jumlah Pemahaman

Last updated on September 17, 2019

orang tua mengisi daftar kata untuk anak sekolah

Banyaknya jumlah kata yang dipahami seseorang merupakan modal dasar untuk melakukan percakapan. Sedangkan kemampuan memilih kata merupakan penanda tingginya pengetahuan seseorang. Banyaknya kata yang mampu diungkapkan merupakan hasil dari banyak mendengar, membaca, menulis dan berbicara. Oleh karena itu, kekayaan pemahaman akan kata merupakan hal penting agar seseorang dapat berbicara secara efektif dengan orang lain. Pada anak dengan gangguan dengar, pemahaman kata ini harus dipersiapkan ketika pra-sekolah. Orang tua perlu membuat daftar 1000 kata untuk mengukur jumlah kata yang telah dipahami anak agar mampu mengimbangi teman sekelasnya.

Daftar 1000 Kata, Sederhana tapi Penting

Tidak perlu berkecil hati, seorang anak dengan gangguan pendengaran sangat mungkin untuk mengingat dan mengucapkan kosakata. Tentu harus dilakukan intervensi (perlakuan terarah) berupa terapi AVT kepada anak secara disiplin.  Intervensi berupa mengikutsertakan anak ke PAUD juga memberi kesempatan kepada orang tua memilih kata yang harus dikenalkan kepada anak. Orangtua akan terus menerus mendapatkan PR berupa daftar kata dari guru PAUD agar anak mampu memahami satu-kata demi satu-kata. Pada akhirnya, orangtua akan dihadapkan pada fakta bahwa seorang anak yang siap masuk ke SD umumnya memiliki kemampuan bahasa sekitar 1000-2000 kosakata. Oleh karena itu, sejak awal, orang tua dapat membuat daftar 1000 kata dari seluruh kata yang mampu dipahami dan mampu digunakan anak dalam komunikasi.

Daftar 1000 kata sebaiknya dibuat berdasarkan kelas-kata. Menurut Wikipedia, kelas kata adalah golongan kata dalam satuan bahasa berdasarkan kategori bentuk, fungsi, dan makna dalam sistem gramatikal. Untuk menyusun kalimat yang baik dan benar dengan berdasarkan pola-pola kalimat baku, pemakai bahasa haruslah mengenal jenis dan fungsi kelas kata terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan.

Misalkan:
Alkha, ada suara? (kata benda + kata sifat + kata benda),
Ini Mama (kata ganti + kata benda),
Ambil mobil (kata kerja + kata benda).
Alkha besok sekolah (kata benda + kata keterangan waktu + kata benda)

Orangtua harus mengenalkan kosakata sesuai dengan usia pendengaran dan usia si anak. Anak yang masih belia dan baru belajar mendengar dapat kita ajari kosakata dasar yang disusun oleh Judith I. Simser . Kosakata dasar ini merupakan kumpulan kosakata yang biasa ditemukan sehari-hari dan nanti dapat dikembangkan lebih luas. Misalnya, beliau menyertakan kata “panas” dalam daftar kosakata nya. Nantinya, kata panas bisa dikembangkan menjadi setrika, kompor, gelas kopi, termos, matahari, dll. 

Baca juga :  Membaca Integrated Scales of Development

Kata-Benda-Konkret merupakan Kelas Kata Paling Mudah untuk Diajarkan

Bahasa Indonesia membagi kata menjadi 7 kelas-kata, yaitu: kata benda, kata kerja, kata sifat, kata ganti, kata keterangan, kata bilangan, kata tugas. Ketika belajar “kata”, anak akan lebih mudah menyerap “kata” dari kelas “kata-benda”. Sebuah benda dapat dilihat dengan mata dan mudah dirasakan. Kata benda adalah kata atau kelompok kata yang menyatakan suatu nama yang memiliki fungsi utama untuk menamai sesuatu seperti, nama orang, binatang, benda, ide, sifat, dan perbuatan.

Kata benda terbagi menjadi 2, kata benda konkret dan abstrak. Kata benda abstrak adalah kata benda yang tidak terlihat, contohnya ialah kebaikan, ilmu, kasih sayang, udara. Kata benda konkret jauh lebih mudah diajarkan karena tersedia di sekitar kita, selain itu media belajar berupa mainan edukatif yang mendukung terapi AVT banyak tersedia di pasaran. Misalnya motor mainan, pesawat mainan, kompor mainan, dll. Kedua jenis kata benda itu (konkret dan abstrak) harus diajarkan agar anak memiliki pemahaman yang luas dan benar tentang benda-benda kasat mata maupun tidak kasat mata.

Kata Kerja, Kata Sifat, Kata Keterangan, Sering Lupa Diajarkan

Orang tua yang asyik mengajari anaknya dengan kata benda, termasuk kami, biasanya terlupa untuk mengajari “kata” dari kelas-kata yang lain seperti kata kerja, kata sifat dan kata keterangan. Kata kerja merupakan kata yang menunjukkan tindakan, perbuatan, proses yang dilakukan oleh subjek. Untuk membentuk 1 frasa utuh dibutuhkan gabungan kata dari beberapa kelas-kata, yakni SPOK (Subyek, Predikat, Obyek, Sifat, Keterangan). Walaupun seringkali pada sebuah percakapan, ekspresi 1 kata sudah mewakili 1 frasa. Misalnya: Hati-hati! atau Awas!

Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh anak, maka secara otomatis jumlah kata yang harus dipahami menjadi semakin banyak. Beberapa orang tua yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran berkata bahwa mulai jenjang Sekolah Dasar kelas 3 si anak mulai merasakan beban bahasa yang semakin besar. Jadi, alangkah baiknya apabila kata-kata yang nantinya biasa digunakan di sekolah bisa diperkenalkan sejak dini walaupun masih sebatas informasi pendahuluan bagi si anak.

Baca juga :  Teori Perkembangan Kognitif Piaget

Daftar 1000 Kata Berdasarkan Kelas-Kata

Kami ingin berbagi tentang daftar 1000 kata untuk mengukur jumlah kata yang telah dipahami anak dengan gangguan pendengaran. Membuat daftar kata yang telah dipahami (reseptif) maupun kata yang telah digunakan sehari-hari (ekspresif) merupakan tugas dari terapis kepada kami. Nah, kami juga berharap agar orang tua yang membaca blog ini menjadi lebih mudah dalam melakukan perhitungan kosa kata.

Kami membuat daftar 1000 kata dengan menggunakan bahan dari beberapa orang tua lain. Kami membaginya menjadi 4 kelas kata, yaitu kata benda, kata kerja, kata sifat, dan satu kelompok kelas lainnya (kata keterangan, kata bilangan, kata seru, kata tugas) dan disusun sesuai urutan abjad. Dari daftar kata yang kami susun, setidaknya terdapat 1200 kata yang dapat Ayah dan Bunda coba hitung. Karena kami bukan ahli bahasa, maka apabila ada kesalahan dalam meletakkan kata pada kelas-kata, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Kritik dan saran terbuka lebar dan akan kami terima dengan lapang dada.

Ayah dan Bunda dapat membuka link ini dan menyalinnya terlebih dahulu dari google spreadsheet apabila akan dilakukan penyesuaian sesuai kebutuhan anak.
Daftar 1000 Kata untuk Anak Sekolah
Apabila dibutuhkan daftar 1000 kata berdasarkan kelas kata dengan kolom reseptif (kata yang dipahami) dan kolom ekspresif (mampu digunakan) seperti yang dibutuhkan Alkha (saat usia 4 tahun), Ayah dan Bunda dapat mengunduhnya dalam format pdf di bawah ini:
(1) Daftar Kata Benda
(2) Daftar Kata Kerja
(3) Daftar Kata Sifat
(4) Daftar Kata Keterangan, Bilangan, Seru, Tugas

Sumber :
www.dosenbahasa.com tentang kata kerja
www.dosenbahasa.com tentang kata-keterangan
www.wikibooks.org
www.dictio.id tentang nama orang masuk kata benda

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya

Tinggalkan Balasan