Terapis AVT adalah Mentor Orangtua

Terapis AVT adalah seorang tenaga ahli yang khusus menangani anak-anak dengan gangguan pendengaran untuk berlatih fokus mendengar dan berbicara. Terapis AVT berkerjasama dengan orang tua sehingga mereka mendapatkan pengalaman untuk melakukan terapi AVT mandiri di rumah. Selama kegiatan AVT dilakukan, orangtua atau wali biasanya berada di dalam satu ruangan bersama terapis dan anak. Terapis yang tidak memperkenankan orang tua belajar tentang pendampingan anak berarti terapis tersebut tidak menerapkan pendekatan AVT.

Mentor merupakan Penjaga Motivasi Untuk Maju

Terapis AVT bertindak sebagai mentor dari orang tua untuk memperkuat (empowering) tujuan utama orang tua. Yaitu anak dapat mendengar dan berbicara dengan baik. Mentor merupakan seseorang yang dipercaya untuk berdialog ketika orang tua mengalami kesulitan dalam melaksanakan sebuah tujuan. Misalnya, seorang pengusaha memilih mentor bisnis agar usaha nya dapat langgeng, bahkan naik level menjadi lebih besar lagi. Sama seperti terapis yang berperan penting untuk menjaga motivasi orang tua agar selalu berusaha kreatif dan melakukan variasi metode AVT di rumah. Oleh sebab itu, apabila orang tua mengalami kesulitan dalam menerapkan metode AVT di rumah, maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan terapis AVT. Terapis AVT pasti dengan senang hati memberi beberapa metode alternatif yang dapat diterapkan di rumah dengan menyesuaikan kondisi lingkungan dan sosial yang ada.

Orang tua sebaiknya bekerjasama dengan terapis untuk merencanakan dan melaksanakan target-target tumbuh kembang anak. Terapis memiliki Long Term Goal (LTG) sebagai acuan bersama dalam pendampingan anak. Orang tua dapat meminta lebih rinci LTG ini sehingga gambaran target AVT menjadi lebih terarah dan terukur. Orang tua dituntut untuk proaktif mengikuti jadwal sehingga jarak kemampuan bicara anak kita dengan anak normal semakin memendek.

Pada beberapa kasus, terapis meminta orang tua untuk melakukan ASSR ulang untuk memastikan kemampuan pendengarannya. Beberapa anak mengalami perubahan ambang pendengaran sehingga alat bantu dengar juga harus fitting ulang. Jika hal ini terjadi, lebih baik menuruti saran ini karena Terapis AVT memiliki lebih banyak pengalaman daripada orang tua dalam membersamai anak-anak dengan gangguan pendengaran.

Tinggalkan Balasan