Selamat Hari Buku Sedunia

Selamat Hari Buku Sedunia…. Setiap tanggal 23 April, kita selalu memperingati Hari Buku Sedunia. Buku merupakan penemuan yang paling canggih dalam peradaban umat manusia. Konon buku mulai ada sejak 2400 SM dengan menggunakan bahan kertas Papirus yang cara menyimpan nya dengan cara digulung. Kemudian pada 200 SM, orang China membuat kertas dengan bahan bambu yang kemudian diadopsi ke seluruh dunia. Pada awal abad ke-11 Masehi, orang Eropa mulai membuat kertas dengan menggunakan mesin yang lebih tahan lama.

Dengan buku, manusia tidak perlu lagi melakukan penelitian yang berulang, tapi menyempurnakan penemuan yang sudah ada (research). Pemikiran filsafat dapat terus berkembang dan melahirkan konsep-konsep baru yang saling berbantah dan pada akhirnya muncul teori-teori terkuat dan populer yang dapat bertahan hingga saat ini.

Mengenalkan cinta membaca buku kepada anak di Indonesia merupakan hal yang sulit. Indeks literasi orang Indonesia harus disadari tidaklah tinggi. Menurut PISA, Indonesia menempati urutan 64 dari 72 negara, sedangkan menurut The World Most Literate Nation Study, Indonesia menempati urutan ke 60 dari 61 negara. Kebanyakan, buku dianggap sebagai barang komplementer (pelengkap). Hanya orang dewasa yang menyukai membaca buku yang mendapatkan manfaat-manfaat buku. Itupun karena tuntutan pekerjaan dan pendidikan.

Buku Cerita Anak

Buku cerita anak merupakan buku yang memuat kisah-kisah penuh hikmah sehingga anak mendapatkan pelajaran ketika membaca buku. Buku cerita anak memiliki banyak sekali variasi konsep cerita, bahan, dan penggunaannya. Saking banyaknya buku cerita anak, segala hal bisa diajarkan orangtua melalui buku. Ketika orangtua akan mengenalkan kasar dan lembut ada buku yang berfokus pada tekstur, atau istilahnya buku bertekstur. Ada pula buku yang untuk mengenalkan transportasi. Ada pula buku tentang profesi dan sebagainya.

BBW (Big Bad Wolf) merupakan salah satu pameran buku terbesar yang telah diadakan kesekian kalinya di Jakarta dan Surabaya. BBW banyak sekali memberikan manfaat kepada orangtua yang kekurangan ide mengajari anak kosakata baru ketika di rumah. BBW menawarkan buku berkualitas dengan harga terjangkau. Walau demikian, keterjangkauan harga ini masih dianggap relatif mahal bagi kebanyakan orangtua. Mungkin mereka belum tahu, bahwa buku berkualitas berbahan baik (hardcover) bisa dijual sebagai buku seken di marketplace, iya -yang online-online itu. Tidak sedikit pula lho kami membeli buku seken tersebut. Karena beberapa buku yang memiliki konten bagus seringkali tidak lagi diproduksi kembali.

Beberapa buku menarik hati Alkha dan berhasil menambah kosakata malah kami dapatkan dari buku-buku BBW. Buku buatan dalam negeri berbahan karton belum banyak digunakan sebagai material buku anak. Pada beberapa tahun terakhir ini, mulai muncul penerbit yang menjual buku berbahan karton yang menarik untuk anak. Untuk memudahkan Ayah dan Bunda menemukan buku yang menarik hati anak, maka kami coba ulas buku-buku itu ke dalam kategori yang khusus membahas tentang buku, yaitu papaalkha.com/books. Semoga kategori ini dapat membantu memberikan referensi kepada Ayah dan Bunda ketika memilih buku sesuai target kosakata yang sedang diajarkan. Tetapi, sabar ya, review buku juga butuh waktu untuk menulis nya juga kan… Hehe.

Jadi, sekali lagi kami ucapkan, Selamat Hari Buku Sedunia.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Buku

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/news-analysis/18/04/20/p7gq3m282-indonesia-dilanda-kedangkalan-literasi-part1

https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170910122629-445-240706/mengapa-literasi-di-indonesia-sangat-terendah/

Tinggalkan Balasan