Rumah Sakit Yang Bisa Operasi Implan Koklea

Orangtua yang menemukan informasi mengenai implan koklea untuk balita yang mengalami gangguan pendengaran dapat berkonsultasi kepada para dokter yang telah ahli dalam bidang pembedahan telinga dalam. Di Indonesia, telah tersedia beberapa rumah sakit negara maupun swasta yang mampu memberikan pelayanan untuk pemasangan implan koklea pada anak-anak.

Sudah banyak anak yang sukses diantarkan para dokter untuk mendapatkan pendengaran melalui implan koklea. Ayah dan Bunda dapat melakukan konsultasi untuk mengetahui lebih dalam tentang pemasangan implan koklea, mengenai tahapan pra-implan koklea, resiko operasi implan koklea, dan apa saja yang menunjang keberhasilan anak untuk dapat mendengar dan berbicara kepada para dokter THT yang telah berpengalaman ini.

Rumah Sakit Untuk Operasi Implan Koklea

Jabodetabek

1. RSCM

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo merupakan rumah sakit negara yang menjadi rujukan nasional dari sistem jaminan sosial BPJS. RSCM telah mampu memberikan pelayanan operasi implan koklea sejak tahun 2009 yang tidak kalah dengan kualitas dokter luar negeri. Terhitung hingga tahun 2016, RSCM telah melakukan operasi implan koklea sebanyak 80 anak.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

2. RSPAD Gatot Soebroto

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto merupakan rumah sakit negara yang juga banyak memberikan pelayanan operasi implan koklea pada anak. Pada tahun 2014, RSPAD Gatot Subroto diberi amanah SIKIB untuk menyalurkan bantuan sosial berupa operasi implan koklea kepada 5 orang anak.

Lebih Lengkap| Alamat di Google

3. RS Pantai Indah Kapuk

Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk (RS PIK) merupakan rumah sakit yang bisa melakukan operasi implan koklea. Pada awal pengembangan nya, RS PIK mendapatkan bantuan dari Singapore General Hospital dan program alih teknologi dari Cochlear Ltd, Australia. Selama kurun waktu 3 tahun (Juli 2002 – November 2005), RS PIK telah melakukan pemasangan implan koklea pada 24 penderita tuli saraf berat. 

Lebih Lengkap | Alamat di Google

4. RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi

Rumah Sakit Proklamasi Khusus Bedah Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala, dan Leher merupakan klinik yang didirikan oleh himpunan profesi kedokteran THT pertama di Indonesia. Pelayanan yang diberikan bermacam-macam dan semuanya berhubungan dengan THT-KL dan pelayanan pemasangan implan koklea menjadi salah satu unggulan rumah sakit ini.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

5. RSKB SSMedika

Rumah Sakit Khusus Bedah Salemba Satu Medika (RSKB SSMEDIKA) memberikan pelayanan operasi implan koklea.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

6. RSI Jakarta Cempaka Putih

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih baru membuka layanan untuk pemasangan implan koklea. Pelayanan pasca operasi seperti mapping dan Auditory Verbal Therapy juga disediakan rumah sakit ini.

Lebih Lengkap |Alamat di Google

Jawa Barat

1. RS Dr. Hasan Sadikin – Bandung

Rumah Sakit Hasan Sadikin melayani operasi implan koklea sejak tahun 2012.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

Jawa Tengah

1. RS Nasional Diponegoro – Semarang

Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) merupakan rumah sakit pendidikan di wilayah Jawa Tengah. Pada tahun 2015, RSND memberikan tiga operasi implan koklea gratis bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Undip dan PT. ABDI kepada anak dengan gangguan pendengaran.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

2. RS Columbia Asia – Semarang

Rumah Sakit Columbia Asia Semarang menyediakan pemeriksaan pendengaran lengkap termasuk operasi implan koklea.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

3. RS Dr. Moewardi – Surakarta

RS Dokter Moewardi Surakarta menyediakan pelayanan operasi implan koklea.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

Jawa Timur

1. RSUD Dr. Soetomo

Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soetomo merupakan salah satu rumah sakit yang telah cukup lama memberikan pelayanan implan koklea di Indonesia. Pada tahun 2008-2013, rumah sakit Dr. Soetomo telah melakukan 47 operasi implan koklea dengan hasil yang menggembirakan. Pada tahun 2010, RSUD Dr. Soetomo pertama kali nya telah berhasil melakukan operasi implan koklea bilateral dalam satu waktu.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

2. RSAL Dr. Ramelan

Rumah Sakit Angkatan Laut Dokter Ramelan merupakan salah satu rumah sakit di Surabaya yang menangani operasi implan koklea. Rumah sakit ini membangun unit khusus bernama Taman Observasi Anak Jala Puspa (TOA Jala Puspa) yang bertujuan memberikan segala pelayanan terkait pendengaran anak, tes pendengaran maupun terapi.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

3. RS PHC Surabaya

Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya merupakan rumah sakit swasta yang memberikan pelayanan implan koklea.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

Bali

1. RSUP Sanglah

Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah sebagai rumah sakit terbesar di Bali memiliki pelayanan operasi implan koklea.

Lebih Lengkap | Alamat di Google

Peta Sebaran Rumah Sakit Yang Bisa Operasi Implan Koklea di Indonesia

Demikian informasi yang dapat kami himpun dari sumber di website milik masing-masing rumah sakit dan situs berita di internet. Semoga Ayah dan Bunda dapat terbantu dengan daftar rumah sakit yang bisa operasi implan koklea ini. Keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi kontak masing-masing rumah sakit.

Tinggalkan Balasan