Busy Book : Busy Fire Station

Busy Fire Station Sampul Buku Busy Fire Station
Rebecca Finn
Juvenile Fiction
Sterling Children's Books
March 1, 2016
Board Book
10

Push, pull, turn, and slide--it's playtime! This interactive board book has spinners to turn and tabs to slide, colorful illustrations filled with things to spot, and lots of new vocabulary to learn. The siren wails and the lights flash blue: here comes the firefighting crew! Help the firefighters slide down the pole, zoom away, climb up the ladder and spray their hose . . . and save the day.

Buku Busy Fire Station menceritakan tentang kesibukan yang terjadi di lingkungan pemadam kebakaran. Pekerjaan sebagai seorang pemadam kebakaran termasuk profesi yang heroik bagi seorang anak. Bagaimana seorang pemadam kebakaran harus bersiap diri dengan cepat ketika menerima panggilan memadamkan api. Mereka juga harus menerobos asap yang sangat tebal untuk mencari korban yang tertinggal dalam sebuah gedung.

Busy Fire Station dimulai dengan mempertegas bahwa kekuatan seorang pemadam kebakaran ada pada mobil pemadam nya. Mobil yang besar, kokoh, kuat, berisi sebuah pompa besar, gulungan selang yang panjang, sebuah tangga yang bisa menjadi sangat panjang, sirine “wiu-wiu” dan lampu kelap-kelip nya.

Pada suatu hari muncul panggilan alarm di gedung pemadam kebakaran. “Krrringgg”. Maka, bergegaslah seluruh anggota pemadam menuju tempat seluncur untuk mempercepat waktu menuju ruang baju untuk berganti baju tahan api dengan helm kuning nya. Segera setelah itu, mereka langsung menaiki mobil pemadam kebakaran.

Mobil merah dengan sirine “wiu-wiu” ini bergerak cepat di antara mobil-mobil yang ada di jalan raya. Ada mobil warna biru, mobil kecil berwarna kuning, mobil pembawa bunga, mempersilakan mobil pemadam ini untuk melaju secepat mungkin.

Sampailah mobil pemadam kebakaran di lokasi kebakaran. Banyak orang yang berteriak memberi tahu kondisi gedung yang sedang terbakar kepada para penyelamat ini. Bapak pemadam kebaran ini langsung menegakkan tangga dan mencari ruang yang belum terbakar untuk bersiap menyemprotkan air.

Para bapak pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api. Air yang keluar deras menyirami api secara terus menerus sehingga menyisakan asap yang tebal. Semua merasa bersyukur dengan tim pemadam kebakaran yang tepat waktu. Orang-orang bersorak dan ada seseorang yang memfoto kejadian ini.

Buku Cerita Busy Fire Station

Buku cerita anak tentang sibuknya para pemadam api dari stasiun pemadam kebakaran dapat memberikan inspirasi kepada anak bahwa ada profesi yang sebetulnya jarang kita lihat tapi besar dampak nya. Mobil pemadam juga jarang terlihat di jalan, tetapi mainan dengan tema ini sangat banyak tersedia di pasaran. Bunyi /wiu-wiu/ sebagai bunyi diftong dapat coba kita perdengarkan kepada anak sehingga anak mampu menirukan. Bunyi /wiu-wiu/ dapat menjadi salah satu sound-object associations yang cukup menarik bagi anak.

Sumber:
Youtube : Busy Book Fire Station Push Pull Slide

Busy Book : Busy Airport

Busy Airport Sampul Buku Busy Airport
Rebecca Finn
Airport
Macmillan Children's Books
2005
Board Books
10

NOVELTY, TOY & DIE-CUT BOOKS. A chunky interactive board book with something to push, pull or slide on every page! Make the airport come to life: spin bags around the carousel, watch a helicopter take off and steer an aeroplane through the clouds. Perfect for toddlers who like to play with their books! Celebrating its 10th anniversary, one of Campbell's best-selling series, Busy Books (with over 1 million copies sold) are refreshed with new covers, livery and text. Look out for the other books in the series: BUSY BEACH, BUSY BUILDERS, BUSY FARM, BUSY GARAGE, BUSY GARDEN, BUSY PARK, BUSY PLAYTIME, BUSY RAILWAY and BUSY TOWN. Ages 0+

Buku Busy Airport merupakan board book (buku berbahan karton) yang dapat digeser (slide), ditarik (pull), dan didorong (push) pada beberapa bagian dari buku. Buku cerita anak kali ini menceritakan tentang kejadian yang biasa terjadi di bandara. Di bandara kita dapat melihat ada orang-orang yang sedang menaiki tangga pesawat. Sembari itu, ada pesawat yang juga terbang meninggalkan bandara. Bagian paling sibuk bandara ada pada loket nya. Disana kita dapat melihat ada tempat check-in pesawat, tempat menimbang bagasi, banyak calon penumpang yang sedag menunggu dan pada bagian yang lain, ada orang yang sedang memilih koper yang datang. Melalui mesin yang berjalan berputar, koper-koper itu berjalan menunggu pemilik mengambil nya.

Bagian hanggar pesawat tidak kalah sibuk nya. Pesawat harus selalu dalam kondisi terbaik. Ada orang yang bertugas melakukan pembersihan badan pesawat, ada bagian perbaikan pesawat yang lalu lalang menggunakan mobil nya, dan ada juga petugas yang mengantarkan troli berisi banyak koper yang akan dibawa ke dalam bagasi pesawat. Binatang anjing juga boleh masuk ke bagasi pesawat, ya. Tidak lupa ada bapak pilot dan pramugari yang sedang bersiap-siap untuk melayani penumpang. Keluarga yang mengantar tampak sudah melambai-lambaikan tangan dan mengucapkan perpisahan dengan penumpang yang akan naik.

Orang-orang mulai menaiki pesawat. Pramugari menunggu di depan pintu dan menyapa seluruh calon penumpang. Bapak pilot dan co-pilot sedang sibuk mempersiapkan penerbangan nya. Sayup-sayup terdengar suara dari pusat menara bahwa ada pesawat yang akan berangkat.

Pesawat yang terbang tampak sudah di atas awan. Tampak pegunungan berada di kejauhan dan bandara yang ditinggalkan terlihat mengecil. Bapak pilot yang sedang mengarahkan pesawat ke jalur penerbangan udara nya tampak membelokkan badan pesawat ke kiri dan ke kanan.
Selamat tinggal bandara!

Buku Cerita Busy Airport

Buku cerita Busy Airport terbitan Campbell ini termasuk book board pertama yang dimiliki Alkha. Cerita yang menarik dan mudah untuk kita dongengkan kepada anak. Buku ini juga cocok digunakan orangtua yang akan mengenalkan bagaimana sibuknya sebuah bandara itu. Busy Airport dapat mengenalkan kepada anak bahwa sebuah pesawat yang terbang akan berbunyi /aaa/. Anak akan menikmati cerita yang sedang kita bawakan tanpa tahu bahwa kita sedang mengajarkan perbedaan bunyi pesawat dengan kendaraan lain nya sebagai bagian dari terapi mendengar dan berbicara.

Sumber:
Youtube : Busy Airport Push Pull Slide

Busy Books: Busy Railway

Busy Railway Sampul Buku Busy Railway
Rebecca Finn
Board books
Campbell Books Ltd; Illustrated edition edition (2001)
2014
Board Book
10

It's a very busy world! The simple push or pull of a tab in these interactive board books can cause all sorts of amazing things to happen! Collect these ten spectacular titles in the Busy Books series.

Busy Railway merupakan buku cerita anak berbahan karton (board book) dengan narasi sederhana. Buku cerita ini mudah kita gunakan untuk menarik keingintahuan anak terhadap kereta api. Board Book yang memuat tarikan (pull) dan geseran (slide) pada beberapa halaman akan membuat anak tertarik untuk mencoba menggerakan bagian dari buku ini. Buku ini dirancang untuk mengekplorasi hal-hal yang berhubungan dengan kereta api. Orangtua memang harus kreatif membawakan buku ini karena dibuat tidak untuk dibaca, tetapi untuk didongengkan. Tenang, kami mendapati bahwa setiap anak selalu tertarik dengan buku ini pada pandangan pertama.

Buku ini berkisah tentang kereta api yang berangkat dan mengeluarkan asap nya. Kemudian kereta api itu masuk ke dalam sebuah stasiun. Bapak Masinis memberikan salam kepada petugas yang berjaga dengan membunyikan bel uap. Banyak petugas yang berjaga dan bertugas mengatur lalu lintas kereta api. Sementara itu, situasi di dalam stasiun kereta api yang ramai digambarkan dengan detail, mulai dari keberadaan loket tiket, toko penjual makanan dan souvenir, pembawa barang (porter), dan anak-anak kecil yang datang melihat kereta api. Kemudian, kereta api pun berangkat. Ketika melewati sebuah persimpangan dengan jalan raya, sebuah palang pengaman dapat kita turunkan. Tampak sebuah mobil yang sedang menunggu dengan sabar rangkaian kereta api yang mau lewat ini. Sebagian rel kereta harus memutari bukit, sedangkan lainnya harus melalui terowongan. Tampak bahwa kereta api ini sibuk (busy railway) setiap hari dengan banyak dilalui rel oleh beberapa kereta.

Buku Cerita Busy Railway

Buku cerita Busy Railway terbitan Campbell ini merupakan salah satu buku pertama yang Alkha miliki. Buku ini cukup menarik dan mampu membuat anak untuk memperhatikan lebih lama. Detail pada gambar memudahkan orangtua untuk menggali kosakata baru bersama anak. Anak akan memperhatikan bagaimana kita berbicara. Perlahan-lahan, bahasa reseptif anak akan bertambah dalam perkeretaapian. Anak mulai memahami bahwa kereta api merupakan kendaraan darat yang berhenti di stasiun dan ketika berjalan akan berbunyi /uuu/. Sebagai permulaan, seorang anak tunarungu yang dapat membedakan bunyi /uuu/ dengan bunyi lain nya merupakan pondasi yang penting dalam terapi mendengar dan berbicara.

Sumber:
Youtube, Busy Railway Push Pull Slide

Turbo Racing Team : My Name Is Turbo

Turbo Racing Team My Name Is Turbo Sampul Buku Turbo Racing Team My Name Is Turbo
Dream Works
Children's literature, Fiksi
Igloo Books Ltd
2013
Hard Cover
10

Kisah Turbo dimulai ketika dia mulai perubahan dari siput yang sederhana menjadi siput bermesin tenaga oktan berkecepatan tinggi. Dengan boneka tangan dan cerita yang menarik membuat anak-anak menyukai kisah Turbo ini.

Kisah Turbo Racing Team ini menurut kami cukup berat untuk dikenalkan kepada anak batita. Kami membeli buku cerita ini karena ada nya boneka tangan yang menempel di buku ini. Kami membutuhkan boneka yang dapat membuka mulut nya untuk merangsang anak mengeluarkan suara.

Konten dari buku ini diambil dari film nya. Di Indonesia, film Turbo Racing Team belum pernah kami tonton langsung. Berkisah tentang seekor siput yang sangat ingin bisa berjalan dengan cepat. Sangat cepat. Hingga akhirnya ada perlombaan balap siput dengan tenaga mesin yang dapat menjawab semua mimpi nya.

Odong-Odong Dongeng : Monyet dan Harimau

Odong-Odong Dongeng : Monyet dan Harimau Sampul Buku Odong-Odong Dongeng : Monyet dan Harimau
Iput dan Oyas
Juvenile Fiction
Noura Books
August 26, 2016
Hard Cover
20

Monyet ingin teman yang kuat. Harimau ingin teman yang rajin. Mereka pun bertemu dan bersahabat. Namun, lama-lama Monyet lelah. Harimau terlalu banyak memerintah. Apa yang harus Monyet lakukan? [Mizan, Noura Books, Nourabooks, Buku Anak, Dongeng, Cerita, Indonesia]

Odong-Odong Dongeng : Monyet dan Harimau merupakan salah satu buku favorit Papa Alkha ketika mengenalkan kata Seandainya. Buku cerita anak ini tidak menggunakan banyak kalimat. Hal ini memudahkan kami untuk bercerita kepada anak ketika anak tidur.

Kisah ini dimulai ketika ada seekor monyet yang menginginkan penghormatan dari penghuni hutan. Sedangkan Harimau membutuhkan asisten yang membantu membersihkan gua nya. Pada awalnya Monyet merasa pekerjaan nya mudah dan setimpal dengan kehormatan yang dimilikinya. Lama kelamaan, Harimau semakin keras mempekerjakan Monyet. Alhasil Monyet sangat kelelahan dengan pekerjaan yang dilakukan nya. Monyet ingin melepaskan diri dari Harimau, oleh karena itu Monyet membuat cerita bahwa ada sosok harimau lain yang lebih kuat dari Harimau yang diikutinya. Harimau akhirnya menyerah dan melepaskan Monyet karena merasa dia bukan lah yang terkuat di dalam hutan.

Halaman selanjutnya kemudian berkisah tentang pengandaian. Seandainya Monyet tidak melakukan ide tersebut, maka terjadi hal yang tidak diinginkan monyet. Seandainya Monyet tidak membantu membersihkan gua Harimau, maka terjadi hal yang tidak diinginkan Harimau. Dan ada beberapa pengandaian lain yang dapat Anda baca pada fabel Odong-Odong Dongeng : Monyet dan Harimau ini.