Free Field Test (FFT)

Free Field Test (FFT) adalah tes pendengaran yang dilakukan di ruang kedap suara kepada anak yang memakai alat bantu dengar atau implan koklea dengan menggunakan metode CPA, VRA dan BOA.

Defini FFT di atas merupakan simpulan dari praktek yang dilakukan kebanyakan Hearing Center di Indonesia. Kami belum menemukan definisi FFT secara khusus berdasarkan sumber di website yang berfokus pada audiologi.

FFT biasanya dilakukan di ruang kedap suara (sound proof booth) sebagai standar ruangan dari Sound Field Testing (1). FFT dilakukan kepada anak yang menggunakan alat bantu dengar atau implan koklea, artinya FFT dilakukan dengan Aided Sound Field Testing (2), umumnya dikenal dengan nama Aided Test. Audiolog atau Hearing Acoustician akan memilih beberapa pendekatan FFT yang umum dilakukan pada anak, yakni : (1) CPA, (2) VRA, (3) BOA dengan menyesuaikan usia biologis, usia mendengar, dan peran aktif nya (3).

Pada video dibawah ini, beberapa metode tes seperti Speech Awareness Threshold, Select Picture Audiometry, atau Speech Recognition Threshold juga dapat diberikan jika pasien sudah cukup memiliki kosakata. Terutama pada pasien dewasa, Speech Regonition Threshold justru menjadi ukuran hasil tes audiometri yang paling objektif.

Semua tes audiometri di atas, sejauh pemahaman kami, dikenalkan oleh hearing center kepada orang tua yang masih awam sebagai Free Field Test (FFT).

Sumber:

(1) www.asha.org

(2) www.hearingreview.com

(3)Clarke, Kelly. 2006. Comparison of Video and Toy Reinforcers to Motivate Infants / Toddlers for Hearing Tests. Washington University School of Medicine dengan tautan.