Feedback

Feedback : alat bantu dengar mengeluarkan suara melengking karena amplifikasi. Hal ini terjadi karena objek terlalu dekat dengan mikrofon ABD; atau ketika earmold tidak terpasang benar; atau agak longgar; atau rusak. (Sumber: First Words for Parents Learing About Hearing Loss, JTC, 2014).

Bila feedback terjadi pada alat bantu dengar anak, maka lakukan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan earmold sudah menutupi kanal atau liang telinga dengan sempurna. Pada awalnya anak akan merasa bahwa alat bantu dengar ini tidak nyaman digunakan. Tapi karena kita telah membuat earmold berdasarkan hasil cetakan telinga, yakinlah bahwa earmold ini pas dan tidak menyakiti anak. Posisikan dengan tepat tonjolan dan lekukan earmold ke dalam liang telinga.

2. Pastikan tidak ada benda yang mengganggu suara yang masuk ke ABD. Misalnya, tangan menutupi telinga, topi, baju atau jaket, dll.

3. Pastikan tidak ada kotoran pada telinga. Kotoran pada telinga akan menyebabkan “sela” antara earmold dengan kulit telinga. “Sela” ini dapat menyebabkan suara dari dalam telinga kembali diterima ABD sehingga terjadi feedback.

Penjelasan mengenai feedback dapat disimak pada video berikut ini.